Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi

Rincian Tugas Organisasi Penjaminan Mutu Internal Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, yaitu:

1. Kepala BPM

Memimpin penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal dan sistem penjaminan mutu eksternal Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo pada semua jajaran, satuan kerja baik akademik maupun non akademik yang menunjang akademik dengan tugas pokok:

  1. Menyelenggarakan perencanaan, melaksanakan dan melakukan audit mutu internal di semua bagian dan fakultas.
  2. Mengelola hubungan kerja sama dan konsultatif dengan unit-unit lain.
  3. Mengelola pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan mutu di semua bagian.
  4. Mengkoordinir pelaksanaan akreditasi, baik akreditasi institusi maupun akreditasi program studi.
  5. Berkoordinasi dengan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di Fakultas dan Unit Penjaminan Mutu (UPM) di Program Studi.
  6. Memberikan laporan tahunan kepada Rektor.

2. Kepala Unit Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengajaran

Berfungsi untuk mengkoordinir kegiatan penyiapan kelengkapan penjaminan mutu dalam bidang pendidikan dan pengajaran untuk akreditasi maupun bentuk evaluasi lainnya, dengan tugas pokok:

  1. Membantu membuat perencanaan, melaksanakan dan melakukan evaluasi penjaminan mutu di bidang pendidikan dan pembelajaran
  2. Mengadakan hubungan baik dengan Biro Akademik Administrasi dan UPT Pengembangan Inovasi Pembelajaran Universitas NU Sidoarjo
  3. Membantu pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan mutu di bidang pendidikan dan pembelajaran
  4. Berkoordinasi dengan Gugus Penjaminan Mutu di fakultas dan Unit Penjaminan Mutu di Program Studi
  5. Membantu mengkoordinasi pelaksanaan akreditasi, baik institusi maupun akreditasi program studi
  6. Membantu membuat laporan tahunan

3. Kepala Unit Penjaminan Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Berfungsi untuk mengkoordinir kegiatan penyiapan kelengkapan penjaminan mutu dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk akreditasi maupun bentuk evaluasi lainnya, dengan tugas pokok:

  1. Membantu membuat perencanaan, melaksanakan dan melakukan evaluasi
  2. Penjaminan mutu di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Mengadakan hubungan baik dengan LPPM Universitas NU Sidoarjo
  4. Membantu pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan mutu di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  5. Berkoordinasi dengan Gugus Penjaminan Mutu di fakultas dan Unit Penjaminan Mutu di Program Studi
  6. Membantu mengkoordinasi pelaksanaan akreditasi, baik institusi maupun akreditasi program studi
  7. Membantu membuat laporan tahunan

4. Gugus Penjaminan Mutu

Organisasi penjaminan mutu ditingkat Fakultas adalah Gugus Penjaminan Mutu (GPM) yang bertanggung jawab kepada Dekan dan Wakil Dekan. GPM tingkat Fakultas memiliki fungsi:

  1. Menjabarkan kebijakan di bidang pengembangan dan penjaminan mutu tingkat fakultas dan program studi.
  2. Melaksanakan pengembangan dan penjaminan standar mutu universitas yang mencakup input, proses, dan output di tingkat fakultas dan program studi.
  3. Mengembangkan dan menjamin standar layanan dan manajemen kerja tingkat fakultas dan program studi.
  4. Mengembangkan pedoman mutu SDM dan iklim akademik di lingkungan fakultas dan program studi.
  5. Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan akreditasi prodi dan kelembagaan pada fakultas dan program studi.
  6. Merumuskan kebijakan pengembangan mutu sebagai masukan bagi pimpinan tingkat fakultas dan program studi.
  7. Melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan melaporkannya ke Dekan untuk dapat ditindaklanjuti.
  8. Membantu tugas Badan Penjaminan Mutu (BPM) dalam meningkatkan mutu universitas di tingkat fakultas.
  9. Melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik di tingkat fakultas dan prodi ke BPM Universitas NU Sidoarjo.

5. Unit Penjaminan Mutu

Sedangkan penjaminan mutu di tingkat Program Studi adalah Unit Penjaminan Mutu (UPM) Program Studi Universitas NU Sidoarjo yang merupakan perpanjangan tangan GPM tingkat Fakultas.

Tugas dan tanggung jawab Unit Penjaminan Mutu (UPM) adalah sebagai berikut:

  1. Mendampingi Ketua dan Sekretaris Program Studi dalam peningkatan mutu pada program studi.
  2. Bertanggung jawab untuk pelaksanaan peningkatan mutu program studi.
  3. Berperan serta dalam menjalankan dan mendampingi pelaksanaan akreditasi BAN PT dan internasional mutu akademik program studi.

UPM  secara periodik setiap bulan memberikan laporan kinerja kepada GPM Fakultas yang diteruskan ke BPM universitas. Pengelolaan mutu pada tingkat Program Studi, dilakukan dengan melakukan monitoring, evaluasi, dan analisis pelaksanaan kurikulum.